5 Langkah Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Sebesar apapun skala bisnisnya, peningkatan efisiensi merupakan salah satu hal yang selalu menjadi target dalam setiap perusahaan. Hal ini harus dapat terwujud di setiap lini, tanpa kecuali.



Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat saat ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan peningkatan efisiensi dan produktivitas perusahaan menjadi sangat vital. Sebuah perusahaan dengan efisiensi tinggi mencerminkan kemampuannya dalam menyelesaikan setiap pekerjaan sesuai target yang telah ditetapkan, bahkan mampu melakukannya dengan lebih singkat dari waktu ke waktu. Yang biasanya membutuhkan anggaran biaya besar, dikurangi menjadi lebih sedikit. Yang biasanya membutuhkan lembur untuk menyelesaikan pekerjaan, menjadi tidak perlu lembur.



Talenta

Secara sederhana, efisiensi adalah penurunan biaya operasional sehari-hari. Perusahaan yang efisien akan lebih kompetitif dibandingkan perusahaan kompetitornya. Pasalnya, keberhasilan efisiensi ini akan berdampak pada meningkatnya kepercayaan klien serta dapat menjadi pengalaman berharga untuk tahun berikutnya. Selain itu, semakin efisien perusahaan, akan lebih banyak keuntungan perusahaan yang bisa dibagikan kepada para karyawan seperti kenaikan gaji, bonus dan sebagainya.





Berikut lima langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan:



1. Mempromosikan Kultur yang Terbuka



Buatlah kultur komunikasi terbuka antar departemen, sehingga produktivitas akan meningkat sebagai hasil dari tenaga yang lebih besar. Doronglah komunikasi, kolaborasi, umpan balik antar departemen, dan juga antara manajemen dengan staf. Cara ini akan merangsang aliran ide menjadi lebih cepat serta meningkatkan efisiensi dalam tim secara keseluruhan.



2. Membagi Pekerjaan Besar Menjadi Pekerjaan Kecil



Pekerjaan yang besar cenderung membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Membagi pekerjaan besar menjadi pekerjaan yang lebih kecil akan membuatnya lebih ringan, apalagi jika pekerjaan tersebut dapat didelegasikan ke orang-orang yang ahli di bidangnya.



3. Membuat Analisis Proses Karyawan



Anda dapat membuat semacam survei untuk mengukur efisiensi keseluruhan karyawan. Tugaskan seluruh supervisor untuk memonitor setiap staf untuk menentukan bagaimana mereka menangani pekerjaan. Setelah itu, temui semua supervisor untuk membuat evaluasi dalam proses tersebut.



4. Menggunakan Sistem Satu Pintu



Banyaknya hal yang harus diurus terkadang membuat kewalahan, terutama mengenai data yang berhubungan dengan ketenagakerjaan seperti payroll yang masih manual, izin cuti yang harus dilakukan melalui e-mail, pengajuan lembur, pajak, hingga BPJS. Terlebih banyak perusahaan yang belum mampu membangun sistem satu pintu yang mampu memfasilitasi kebutuhan tersebut karena mahalnya biaya. Namun Anda tidak perlu khawatir. Talenta menghadirkan solusi untuk membantu Anda mengatasi masalah inefisiensi tersebut. Dengan sistem yang mudah digunakan, Talenta mampu menghemat waktu Anda hingga 70% dalam hal manajemen karyawan.



5. Mengukur Target



Setelah semua dilakukan, aturlah target secara keseluruhan, lalu bekerjalah dengan pimpinan departemen untuk menentukan target manakah yang akan dicapai di setiap departemen hingga setiap karyawan. Mengatur target yang realistis dengan cara ini akan memberikan motivasi yang dibutuhkan. Bila semua target telah terpenuhi, rencanakan aktivitas selebrasi dalam perusahaan sebagai momen bagi semua karyawan untuk dapat bersantai dan menikmati kesuksesan mereka.



Talenta

Walaupun meningkatkan efisiensi perusahaan adalah pekerjaan yang sulit, anggaplah hal tersebut sebagai kesempatan untuk membuat perusahaan lebih baik dan lebih efisien. Talenta siap membantu perusahaan Anda untuk mengelola data dan informasi karyawan Anda secara praktis. Dengan langkah-langkah di atas, efisiensi kinerja dari setiap karyawan diharapkan dapat meningkat.



Sumber: http://swa.co.id/business-update/talenta/5-langkah-meningkatkan-efisiensi-perusahaan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.