Indonesia Segera adopsi international standard on auditing

International Standards on Auditing (ISA) yang diterbitkan oleh International Auditing and Assurance Standards Board segera akan diadopsi di Indonesia dan diterapkan oleh Akuntan Publik untuk melakukan audit atas laporan keuangan untuk periode yang dimulai pada atau setelah 1 Januari 2013. Adopsi ini dilakukan sebagai bagian dari proses untuk memenuhi salah satu butir Statement of Membership Obligation dari International Federation of Accountants, yang harus dipatuhi oleh profesi Akuntan Publik di Indonesia. Demikian pernyataan Ketua Umum Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Tia Adityasih, pada saat memberikan sambutan pada acara public hearing sekaligus sosialisasi Exposure Draft Standar Profesional Akuntan Publik pada akhir bulan Mei lalu yang diselenggarakan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.



Lebih lanjut Tia juga menjelaskan bahwa adopsi ISA melalui revisi SPAP oleh IAPI adalah dalam rangka menjalankan amanah UU No 5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik. “IAPI menjalankan amanah UU Akuntan Publik untuk menetapkan SPAP, dan akan digunakan para Akuntan Publik di Indonesia dalam memberikan jasa kepada publik”, terang Tia.



Adopsi ISA ini juga untuk merespon rekomendasi dari World Bank, sekaligus sebagai wujud pelaksanaan komitmen Indonesia sebagai salah satu anggota dari G-20 yang mendorong setiap anggotanya untuk menggunakan standar profesi internasional. Sementara itu, Langgeng Subur, Kepala Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai Kementerian Keuangan menyatakan menyambut baik dan mendukung penuh atas penerapan ISA di Indonesia. “Kami menyambut baik dan bersyukur yang pada akhirnya kita dapat comply terhadap standar internasional yang diterbitkan oleh IFAC”, jelas Langgeng Subur. Lebih lanjut Langgeng berharap penerapan ISA ini melalui profesi Akuntan Publik di Indonesia pada saat memberikan jasa asurans maupun non asurans akan meningkatkan kepercayaan investor global terhadap kualitas informasi keuangan di Indonesia. Langgeng Subur juga meminta Akuntan Publik bersiap diri untuk menerapkan ISA ini.



Sementara itu, Kusumaningsih Angkawijaya, Ketua Dewan Standar Profesi IAPI,yang biasa disapa Ningsih, menjelaskan bahwa adopsi ISA dilakukan dengan melakukan revisi terhadap Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) yang selama ini digunakan acuan Akuntan Publik dalam memberikan jasanya. “Revisi SPAP dilakukan melalui penerbitan exposure draft SPAP yang rencananya akan disahkan dalam rapat Pengurus IAPI pertengahan tahun ini”, terang Ningsih. Selama masih dalam draft Ningsih mengharapkan masukan dari publik terhadap draft tersebut. (IAPI).



Sumber: http://www.iapi.or.id

1 komentar:


  1. Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa
    ayam sabung di indonesia.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.