Menko Perekonomian Optimis Indonesia Akan Jadi Basis Produksi di AEC 2015

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa optimis Indonesia akan menjadi negara tujuan investasi yang berbasis produksi dalam Asean Economic Community (AEC) 2015.



"Di sinilah masing-masing negara melakukan pengaturan hal-hal yang perlu diatur di dalam protokol dan dispute setlement. Prinsipnya dalam penerapan AEC, tidak menimbulkan injury atau kerusakan industri dalam suatu negara. Oleh sebab itu maka Indonesia menginginkan untuk menjadi production based bukan sebagai pasar yang besar," ujarnya dalam dialog bersama media di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Jumat (30/11/2012).



Menurut Menko Perekonomian untuk menghadapi integrasi masyarakat Asean Indonesia memiliki kunci yakni national single window (NSW), karena dalam komunitas Asean ini akan menggunakan Asean single window. Kunci utama untuk Indonesia menuju AEC tersebut adalah daya saing dan konektivitas, atau pemenuhan infrastruktur.



Oleh karena itu, sambung dia, dalam 3 tahun ini akan dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri dan melakukan sosialisais.



"Dalam 3 tahun ini kita harus habis-habisan mempersiapkan konectiviti dan infrastruktur kita, agar investasi itu masuk ke Indonesia sebagai production based, Indonesia dijadikan sebagai production based untuk penetrasi pasar tidak hanya untuk Asean, tapi juga regional east Asia dan pasar dunia," ujarnya.



Menko Perekonomian mengaku Indonesia telah siap menerima masuknya investasi, hal ini dapat dilihat dari tanda-tanda begitu derasnya investasi yang masuk.

Berdasarkan survei Economic Reserach Institute for ASEAN and Esat Asia (ERIA) mengantakan walaupun tujuan investasi terbaik menurut ERIA tersebut adalah Singapura, dan Malaysia, namun ketika ditanya para pengusaha 50 persen memilih Indonesia sebagai tempat untuk berinvestasi.



"Jadi sebetulnya para investor melihat Indonesia menarik sebagai tujuan investasi, sebagai basis produksi," tuturnya.

Sumber: www.ekon.go.id

1 komentar:

  1. Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa
    video sabung ayam, di indonesia.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.