MEMBUAT TAYANGAN MULTIMEDIA by putu.artaya@plasa.com

Belajar bagi mahasiswa membutuhkan suatu stimuli yang mampu membangkitkan kreatifitas di kelas, perlu suatu inovasi ringan agar suasana kelas tidak cepat jenuh, oleh karenanya pengembangan metode sangat perlu dilakukan agar mampu memberikan nilai tambah baik kepada pengajar maupun bagi mahasiswa, dengan multimedia maka kegiatan belajar lebih terasa hidup karena menggunakan efek visual dalam menjlaskan materi perkuliahan sehingga tidak monoton hanya dengan narasi dosen dan tampilan power point, dengan multimedia visualisasi obyek belajar dapat ditampilkan dan akan memberikan kemudahan dalam pemahaman. Namun dalam kontek ini, kuliah multimedia memiliki arti yang lebih luas, selain belajar di kelas dengan multimedia, juga belajar di alam terbuka semacam kuliah kebun, dan cenderung dilaksanakan di alam terbuka, sehingga belajar dapat dilakukan dengan suasana yang lebih fresh (tenang dan segar). Mahasiswa juga di ajari bagaimana cara membuat tampilan dan tayangan multimedia, agar belajar terasa lebih menarik dan tidak membosankan, termasuk penulisan tugas yang diberikan oleh dosen dapat berbasis multimedia. Belajar di masa sekarang selain menggunakan hardcopy (modul dan handout) juga menggunakan softcopy (software aplikasi, dan movie) yang membuat peserta didik lebih fokus dalam menerima materi pembelajaran, karena dengan pendekatan multimedia, otak kanan peserta didik terstimuli untuk lebih tanggap dalam menerima kasus-kasus yang di bahas di kelas. Multimedia ada dua jenis: Berbentuk statis: merangkai photo / images sedemikian rupa dengan ditambahi background musik dan narasi, sehingga mampu memberikan tampilan yang berbeda dari biasanya, dan cenderung lebih menarik, daripada metode lain yang sudah ada. Photo disini bisa jadi segala jenis photo yang ada keterkaitan dengan materi kuliah, atau obyek yang berada di luar kelas, mengingat kuliah harus bersifat multifokus yakni membahas sesuatu seluas mungkin agar materi yang dibahas mampu memberikan pemahaman yang lebih menarik. Selain hal tersebut mahasiswa diberi tugas untuk berkreasi membuat photo yang ada keterkaitan dengan materi tugas, sehingga tugas tidak berisi tulisan melulu namun dapat disisipi photo dan movie. Berbentuk dinamis: merupakan tayangan movie/video yang dibuat sendiri baik oleh dosen pengajar maupun mahasiswa atau sharing dikerjakan bersama, misal dalam kegiatan pelatihan tentang survey, riset pasar, atau segala bentuk aktivitas yang ada hubungan dengan lapangan, mahasiswa diberi keleluasaan dalam melakukan kreasi dalam mempelajari materi kuliah, mengingat di internet banyak software tersedia cukup banyak dan dapat di unduh secara gratis, untuk membuat tayangan multimedia, tidak selalu membutuhkan equipment yang tergolong mahal, asal ada kemauan untuk belajar maka semua terasa mudah, dengan menggunakan handphone multimedia pun dapat, asal ada software converter, maka semua terasa easy. Yang penting bermanfaat bagi mahasiswa. Kuliah multimedia telah lama ada namun tidak semua perguruan tinggi bersedia melakukannya, belum ada kreasi baru dalam menghidupkan suasana kelas, agar terasa hidup dan tidak monoton. Di Fakultas Ekonomi Universitas Narotama Surabaya, kreatifitas dalam belajar adalah hal penting, salah satu cara adalah memperbanyak mata kuliah yang dapat di isi dengan praktikum, sehingga mahasiswa dapat memahami aplikasi yang dapat dikembangkan sehingga pendalaman mata kuliah akan terasa manfaatnya, sedangkan multimedia hanya bersifat media (perantara) yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Termasuk pelatihan bagi mahasiswa mengenai bagaimana membuat multimedia yang menarik namun tidak ribet dan terkesan simple/sederhana.

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.