Accounting series: sekilas ifrs

Pada tahun 2012 Indonesia akan mengadopsi Standar Pelaporan Keuangan Internasional atau International Finance Reporting Standard (IFRS) secara penuh. Batas waktu yang ditetapkan bagi seluruh entitas bisnis dan pemerintah (BLU, BUMD, BUMN) untuk menggunakan IFRS secara penuh adalah 1 Januari 2012. IFRS merupakan standar pencatatan dan pelaporan akuntansi yang berlaku secara internasional yang dikeluarkan oleh International Accounting Standard Boards (IASB), sebuah lembaga internasional yang bertujuan untuk mengembangkan suatu standar akuntansi yang tinggi, dapat dimengerti, diterapkan, dan diterima secara internasional.

Tujuan dari diterapkannya IFRS dalam pencatatan keuangan di Indonesia adalah untuk memudahkan pemahaman atas laporan keuangan dengan penggunanaan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang dikenal secara internasional. Selain itu, IFRS juga bertujuan untuk meningkatkan arus investasi global melalui transparansi serta menciptakan efisiensi penyusunan laporan keuangan.

Dalam konteks Indonesia, konvergensi IFRS dengan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin daya saing nasional. Perubahan tata cara pelaporan keuangan dari Generally Accepted Accounting Principles (GAAP), PSAK, atau lainnya ke IFRS berdampak sangat luas. IFRS akan menjadi kompetensi wajib-baru bagi akuntan publik, penilai (appraiser), akuntan manajemen, regulator dan akuntan pendidik.

Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber

2 komentar:


  1. Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa
    sabung ayam s128 di indonesia.

    BalasHapus
  2. charlottesville virginia personal injury lawyers
    The "ACCOUNTING SERIES: SEKILAS IFRS" series is an informative accounting series focusing on International Financial Reporting Standards (IFRS). It is relevant for accounting professionals as it provides concise overviews and insights into key aspects of IFRS. The series also offers potential for in-depth analysis by delving into specific IFRS standards, offering practical applications, and addressing common challenges. It encourages financial discussions, fostering engagement among financial professionals. The series' title, "SEKILAS" (brief), aligns with the preferences of busy accounting professionals.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.