Menkop : Pendamping UMKM Dapat Mendorong Penyaluran KUR

Tasikmalaya (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan menyatakan peran pendamping Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat membantu mendorong penyerapan program pemerintah dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).



"KUR program pemerintah yang harus disalurkan, maka pendamping UMKM harus mengetahuinya dan menjelaskan secara detil," kata Syarief Hasan saat menghadiri Temu Nasional Pendamping UMKM di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu.







Ia menuturkan, pendamping UMKM harus mampu menjelaskan informasi berbagai program KUR agar para pelaku UMKM dapat memahami program permodalan tersebut.



"Pendamping ini adalah bagaimana mendampingi para pengusaha mendapatkan akses permodalan yang baik," katanya.



Ia mengungkapkan, pemerintah akan terus berupaya memberikan informasi tentang KUR kepada masyarakat berikut besaran kreditnya terus ditingkatkan.



Ia menyebutkan penyerapan KUR tahun 2012 mencapai Rp36 triliun atau melebihi angka yang ditargetkan sebesar Rp30 triliun, bahkan tahun sebelumnya melebih angka target.



"Artinya semakin banyak yang menerima kredit KUR ini, kebijakan ini berarti berjalan," katanya.



Namun program KUR tersebut, kata Syarief, masih ada sebagian masyarakat yang tidak tahu sehingga tidak dapat mengaksesnya, bahkan harus memberi jaminan kepada bank yang ditunjuk menyalurkan KUR.



"Ya pasti ada jaminan kalau dia (pemohon pinjaman) minta Rp30 juta," katanya. (ar)

2 komentar:

  1. Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa
    sabung ayam s128, di indonesia.

    BalasHapus
  2. Ya, Dengan peran yang proaktif dari pendamping UMKM, diharapkan lebih banyak pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan program KUR untuk pengembangan usahanya. Terimakasih!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.